Buddhānubhāvena sotthi hotu. Selamat datang di Buddhis.net
Buddhānubhāvena sotthi hotu. Selamat datang di Buddhis.net

Mantra Sesungguhnya untuk Melenyapkan Kotoran Batin

Sejak saya memposting tentang mantra, Manfaat Luar Biasa Menjapa Mantra Om Mani Padme Hum, ternyata banyak yang berkomentar.

Saya cukup terkejut setiap kali masuk ke dalam blog ini dan melihat ada yang berkomentar pada artikel tersebut. Padahal, saya sendiri jarang melakukan update pada blog ini akibat kesibukan dalam mengurus situs yang lain.

Walaupun mantra tersebut sangatlah bagus dan memberikan manfaat tertentu bagi penjapanya, tetap saja ada hal yang perlu kita sadari terhadap penjapaan mantra tersebut.

Salah hal yang perlu kita sadari adalah cara kerja mantra sangat misterius dan sulit dibuktikan secara spesifik. Ada orang yang menjapanya dan mendapatkan manfaat, juga, banyak yang menjapa tapi tidak mendapat manfaat.

Apa yang membedakan hal tersebut?


Jawabannya adalah karma. Seseorang yang menimbun begitu banyak karma buruk dan telah menyirami karma buruk tersebut dengan kondisi yang menyuburkan, akan cenderung menerima hasil karma buruknya.

Ketika orang tersebut menjapa mantra, bagaimana mungkin dia akan mendapatkan manfaatnya?

Karma baiknya tidak mendapatkan “asupan” yang tepat untuk berbuah! Bodhisatva Avalokitesvara bukan tidak mau membantu orang tersebut, tapi tidak ada kondisi yang memungkinkan!

Sebagai contoh, seseorang menanam jagung di halaman rumahnya. Setelah di tanam, orang tersebut tidak menyirami tanaman tersebut dengan air, dan hanya membiarkannya demikian.

Pada suatu hari, orang tersebut kelaparan dan menjerit ingin makan jagung yang dia tanam. Sebagaimana kerasnya orang tersebut menjerit-pun, dia tidak akan bisa memakan jagung yang dia tanam karena dia tidak merawat tanaman tersebut.

Orang-orang yang mendengar jeritannya, memberikannya jagung tapi hanya jagung yang dia tanam yang mampu memuaskan rasa laparnya!

Jadi, inti dari penjapaan mantra selain harus dengan konsentrasi dan pikiran yang baik, juga haruslah dibarengi dengan banyaknya perbuatan yang baik.

Ada satu mantra yang luar biasa yang bisa Anda japa setiap hari yang mana selain berguna untuk membawa pikiran ke arah yang baik, juga bisa membantu melenyapkan kotoran batin.

Apakah mantra itu?

Mantra Sesungguhnya untuk Melenyapkan Kotoran Batin

melenyapkan kotoran batin
Mantra itu berbunyi; “Apa yang sedang kulakukan?”

Sepertinya terdengar sederhana dan juga aneh bagi sebagian orang.

Tapi ini adalah mantra yang efektif. Japalah mantra ini dan perhatikanlah “momen kekinian” yang sedang terjadi.

Sadarilah setiap ucapan, pikiran dan perbuatan Anda.

Anda akan terkejut mengetahui bahwa kalimat kecil tersebut, bisa membawa Anda langsung kepada “momen sekarang”!

Jadi, bagaimana bisa mantra tersebut melenyapkan kotoran batin?

Pertama, Anda akan menyadari apa yang sedang terjadi tepat sesaat setelah Anda menjapa mantra ini.

Kedua, Anda akan langsung menghentikan pikiran yang sedang dipikirkan sebelumnya.

Jika pikiran Anda sedang kacau, melafal mantra ini akan langsung membawa Anda ke pikiran sekarang. Bertahanlah pada pikiran tersebut dan lama-kelamaan pikiran kacau Anda akan lenyap.

Mantra ini juga bisa Anda gunakan ketika pikiran kotor sedang muncul. Ketika Anda melafalkan kembali mantra ini, pikiran kotor akan terhenti dan Anda berkesempatan menikmati “momen sekarang” sampai pikiran tersebut hilang.

Ketika baru bermeditasi, pikiran cenderung akan berlarian kemanapun yang “dia” inginkan. Oleh karena itu, japalah mantra ini agar pikiran kembali ke momen sekarang dan kembali perhatikan objek meditasi Anda.

Semakin lama di latih, maka mantra ini semakin sering muncul. Dengan semakin banyaknya kemunculannya, maka Anda semakin sering menyadari pikiran, ucapan dan perbuataan Anda.

Pada suatu titik, Anda akan perlahan tapi pasti—bisa melihat corak dunia seperti yang diajarkan oleh Buddha!

Updated: 21 April 2020 — 2:55 pm

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

© 2017. Buddhis.net : Belajar Ajaran Sang Buddha.